IBX5B5E115A9BF4E

Alami Morning Sickness? Inilah Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Morning sickness adalah gejala kehamilan yang dialami ibu hamil. Umumnya, gejala ini dialami pada trimester pertama kehamilan, namun dalam beberapa kasus bisa tidak terjadi ataupun lebih lama dari itu. Meskipun mengalami mual yang disertai pusing, terutama saat pagi hari, Anda tak perlu cemas. Cara mengatasi mual saat hamil berikut ini dapat meredakan gejalanya.

Alami Morning Sickness Inilah Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

1.    Mengonsumsi Minuman Hangat di Pagi Hari

Rasa mual yang dirasakan selama awal kehamilan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi minuman hangat di pagi hari. Semua ini dilakukan untuk mencegah maupun meredakan rasa mual yang muncul. Minuman hangat akan merelaksasi tubuh dan menghangatkannya, sehingga kondisi tubuh akan lebih sehat. Anda bisa membuat susu, air jahe, teh, atau air putih hangat.


2.    Menghindari Makanan Beraroma Menyengat

Sensitivitas penciuman ibu hamil cenderung meningkat. Perubahan ini menyebabkan Anda lebih sensitif saat mencium aroma yang kuat atau menyengat, sehingga menyebabkan munculnya rasa mual atau semakin parahnya rasa mual yang dialami. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi makanan yang aromanya menyengat.


3.    Makan dalam Porsi Kecil, Tetapi Lebih Sering

Rasa mual yang muncul saat hamil memang dapat memengaruhi nafsu makan. Asupan makanan dan minuman juga sedikit terhambat. Oleh karena itu, usahakan untuk makan dalam porsi lebih sedikit, tetapi lebih sering. Cara ini dilakukan agar kegiatan makan bisa lebih mudah dan nyaman. Semua itu harus diupayakan agar asupan nutrisi untuk ibu dan janin tetap terpenuhi.


4.    Menambah Konsumsi Cairan

Kebutuhan cairan saat hamil tentu saja lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Untuk itu, penuhilah kebutuhan cairan dengan mengonsumsi 10-12 gelas air putih setiap harinya agar tubuh terhidrasi dengan baik. Fungsi organ tubuh dan sistem metabolisme akan lancar untuk menunjang kesehatan ibu dan janin. Suhu tubuh akan membaik, sehingga rasa mual akan berkurang.


5.    Menghindari Stres

Stres juga harus dihindari saat hamil, terlebih saat awal kehamilan karena dapat memperparah morning sickness. Rasa mual di awal kehamilan dapat diredakan dan dicegah dengan menghindari hal yang menimbulkan stres, di antaranya melakukan pekerjaan berat, merasa jenuh, atau memikirkan hal yang berat atau mengkhawatirkan. Jadi, lakukan refreshing agar tidak stres.


6.    Istirahat Cukup

Kebutuhan istirahat ibu hamil memang lebih banyak karena sedang mengalami perubahan dalam dirinya. Kesehatan janin yang dikandung juga perlu dioptimalkan dengan kondisi kesehatan ibu yang stabil. oleh karena itu, Anda perlu istirahat cukup di malam dan siang hari. Hindarilah kurang tidur ataupun tidur larut malam. Hal ini akan mengurangi rasa mual yang tengah dihadapi.

Kesehatan tubuh ibu dan janin memang seiring sejalan. Berdasarkan pembahasan parenting, Anda harus memperhatikan kesehatan selama kehamilan untuk menunjang tumbuh kembang janin yang optimal. Jika gejala mual timbul, maka atasilah dengan berbagai cara di atas. Cara tersebut sangat ampuh mengatasi mual, sehingga Anda bisa beraktivitas normal dengan tubuh yang bugar.

0 Response to "Alami Morning Sickness? Inilah Cara Mengatasi Mual Saat Hamil"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.