IBX5B5E115A9BF4E

Kalkulator BMI untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Postur badan yang terlihat bagus belum tentu memiliki berat badan yang ideal. Memiliki berat badan ideal sangat penting untuk menjaga kesehatan badan secara keseluruhan. Pasalnya, banyak penyakit atau masalah kesehatan yang awalnya timbul akibat dari masalah berat badan. Untuk mengetahui berat badan secara tepat dan akurat, kamu bisa gunakan kalkulator BMI.

Kalkulator BMI untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mengetahui Jumlah BMI?

Jika kamu biasanya mengecek berat badan dengan timbangan, jangan terpaku pada hasilnya. Bahkan, angka BMI pun tidak bisa menjadi patokannya. Kamu harus memperhatikan masa otot & lingkar pinggang untuk memberi rangkuman yang lebih komprehensif mengenai kesehatan tubuh secara umum yang sebenarnya.

Tubuh setiap orang mempunyai penyesuaian yang berbeda-beda. Oleh karenanya, BMI tak bisa jadi tolok ukur perhitungan universal. BMI bisa digunakan sebagai acuan jika digunakan dengan alat monitor lain juga. Caranya, ambil keuntungan dari perhitungan BMI & berat badan kamu, kemudian diskusikan dengan dokter guna memastikan apakah kamu sudah memiliki berat badan ideal atau belum.


Cara Memperoleh Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal bisa didapat melalui beberapa cara. Berikut tips penting yang bisa kamu lakukan:

1.       Olahraga

Olahraga tak perlu yang berat-b erat. Olahraga ringan seperti jalan kaki pun sudah bagus. Jika tujuanmu adalah menambah masa otot, angkat beban menjadi pilihan terbaik.

2.       Perhatikan Asupan

Ada beberapa makanan yang harus dihindari, yaitu fast food, makanan yang banyak kandungan gulanya, dan makanan tinggi kalori (soda, dll). Kamu bisa mulai kebiasaan baru dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayurang, dan makanan tinggi serat lainnya.

3.       Sarapan

Banyak orang mengira melewatkan sarapan bisa mengurangi berat badan. Padalah, sarapan sangat penting, apapun kondisinya dan sesibuk apapun aktifitasnya. Dengan menu sarapan yang baik, metabolisme akan lebih lancar & membuat hari-hari lebih berenergi. Untuk menghindari kantuk di siang hari, sebaiknya sarapan dengan menu yang tidak terlalu berat.

4.       Batasi Screen Time

Berdasarkan penelitian, terlalu sering bermain video game atau nonton TV bisa meningkatkan resiko kegemukan. Sebaiknya, kegiatan menggunakan gadget dibatasi dan diganti dengan yang lebih menyehatkan seperti tidak tidur terlalu malam atau berolah raga di pagi/sore hari.

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan tapi berat badan masih tetap bermasalah dan kesulitan untuk mendapatkan hasil yang ideal, ada baiknya segera konsultasikan masalah ini ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.


Apa Kelemahan BMI?

Sebenarnya, penghitungan BMI juga tak sempurna dan memiliki kelemahan. Salah satunya adalah penghitungannya yang terlalu sederhana. Jadi, faktor lain tidak diperhitungkan. Misalnya adalah faktor lingkar pinggang, perbandingan masa otot & lemak, dan perbedaan jenis kelamin. Padahal, faktor-faktor di atas bisa saja berpengaruh dalam indikasi kesehatan seseorang.

Misalnya, atlet biasanya memiliki angka BMI tinggi karena masa ototnya lebih berat dibandingkan orang pada umumnya. Meski begitu, mereka belum tentu mengalami obesitas. Bahkan, tubuh atlet  cenderung lebih sehat.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika merasa memiliki masalah berat badan? Tentu saja, segera konsultasikan pada ahlinya. Kamu bisa konsultasi secara online melalui sehatQ.com. Ada banyak dokter handal yang siap menerima keluhan dan memberi solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang dimiliki. SehatQ benar-benar memudahkan kita semua. Kamu bisa berkonsultasi sepuasnya tanpa diharuskan membayar uang sepeserpun.

Deskripsi: Kalkulator BMI bisa digunakan untuk menentukan apakah berat badan kamu sudah ideal. Tapi, ada baiknya konsultasikan setiap permasalahan yang berkaitan dengan berat badan melalui SehatQ.com.

0 Response to "Kalkulator BMI untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.